Pendampingan dan Pembinaan Beasiswa BAZNAS Perguruan Tinggi BAZNAS Provinsi Kepri

baznaskepri.or.id Ketua BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau Drs. H. Mustamin Husain memberikan pembinaan kepada mahasiswa penerima Beasiswa BAZNAS Tahun 2017. Kegiatan dilaksanakan Sabtu pagi tadi di Kantor BAZNAS Provinsi Kepulaun Riau.

Dalam kegiatan tersebut Drs. H. Mustamin Husain menjelaskan tentang landasan dasar dan Undang-Undang serta hal-hal yang menyangkut pembentukan lembaga dan profil BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam kesempatannya juga menjelaskan apa itu zakat, infaq dan shadaqah serta perbedaan antara ketiga pengertiannya.

Menarik sekali yang terlontarkan dari salah seorang mahasiswa yang mengikuti pembinaan tersebut, dia menjelaskan bahwa sedekah itu tidak harus dengan materi, tetapi dengan senyuman saja juga bisa bersedakah, tungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Drs. H. Mustamin Husain menyampaikan yang mempunyai undang-undang di dalam rukun Islam yang lima itu hanya dua, yaitu Zakat dan Haji.

Jika ada harta haram yang dimakan dan menjadi setitik daging yang ada didalam tubuh kita, tidak akan bisa menghilangkannya kecuali dengan dijilat api neraka, tungkasnya dalam menyampaikan materinya.

Sejarah menceritakan bahwa pada zaman Rosulullah SAW berzakat itu sudah dilaksanakan diantaranya : zakat bagi orang –orang yang berdagang, zakat bagi orang-orang yang memiliki emas 24 karat, zakat bagi barang termuan, zakat pertanian yaitu kurma atau gandum, dan zakat bagi binatang ternak.

dalam kesempatan itu juga, dijelaskan peran dan tugas fungsi amil selain menerima zakat amil juga wajib mendo’akan orang yang berzakat, tungkasnya.

menutup pertemuan tersebut Mustamin Husain meminta  agar para mahasiswa menyiapkan pertanyaan sebanyak-banyaknya mengenai seluk beluk dan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikannya. (lf/humas)